THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Senin, 08 November 2010

WEB SERVER

Web server adalah software yang menjadi tulang belakang dari world wide web (www). Web server menunggu permintaan dari client yang menggunakan browser seperti Netscape Navigator, Internet Explorer, Modzilla, dan program browser lainnya. Jika ada permintaan dari browser, maka web server akan memproses permintaan itu kemudian memberikan hasil prosesnya berupa data yang diinginkan kembali ke browser. Data ini mempunyai format yang standar, disebut dengan format SGML (standar general markup language). Data yang berupa format ini kemudian akan ditampilkan oleh browser sesuai dengan kemampuan browser tersebut. Contohnya, bila data yang dikirim berupa gambar, browser yang hanya mampu menampilkan teks (misalnya lynx) tidak akan mampu menampilkan gambar tersebut, dan jika ada akan menampilkan alternatifnya saja. Web server, untuk berkomunikasi dengan client-nya (web browser) mempunyai protokol sendiri, yaitu HTTP (hypertext transfer protocol).

Dengan protokol ini, komunikasi antar web server dengan client-nya dapat saling dimengerti dan lebih mudah. Seperti telah dijelaskan diatas, format data pada world wide web adalah SGML. Tapi para pengguna internet saat ini lebih banyak menggunakan format HTML (hypertext markup language) karena penggunaannya lebih sederhana dan mudah dipelajari. Kata HyperText mempunyai arti bahwa seorang pengguna internet dengan web browsernya dapat membuka dan membaca dokumen-dokumen yang ada dalam komputernya atau bahkan jauh tempatnya sekalipun.



Hal ini memberikan cita rasa dari suatu proses yang tridimensional, artinya pengguna internet dapat membaca dari satu dokumen ke dokumen yang lain hanya dengan mengklik beberapa bagian dari halaman-halaman dokumen (web) itu. Proses yang dimulai dari permintaan webclient (browser), diterima web server, diproses, dan dikembalikan hasil prosesnya oleh web server ke web client lagi dilakukan secara transparan. Setiap orang dapat dengan mudah mengetahui apa yang terjadi pada tiap-tiap proses. Secara garis besarnya web server hanya memproses semua masukan yang diperolehnya dari web clientnya.



Web Server Apache



Apache merupakan web server yang paling banyak dipergunakan di Internet. Program ini pertama kali didesain untuk sistem operasi lingkungan UNIX. Namun demikian, pada beberapa versi berikutnya Apache mengeluarkan programnya yang dapat dijalankan di Windows NT. Apache mempunyai program pendukung yang cukup banyak. Hal ini memberikan layanan yang cukup lengkap bagi penggunanya. Beberapa dukungan Apache :



1. Kontrol Akses.



Kontrol ini dapat dijalankan berdasarkan nama host atau nomor IP



2. CGI (Common Gateway Interface)



Yang paling terkenal untuk digunakan adalah perl (Practical Extraction and Report Language), didukung oleh Apache dengan menempatkannya sebagai modul (mod_perl)



3. PHP (Personal Home Page/PHP Hypertext Processor);



Program dengan metode semacam CGI, yang memproses teks dan bekerja di server. Apache mendukung PHP dengan menempatkannya sebagai salah satu modulnya (mod_php). Hal ini membuat kinerja PHP menjadi lebih baik



4. SSI (Server Side Includes)



Web server Apache mempunyai kelebihan dari beberapa pertimbangan di atas :



1. Apache termasuk dalam kategori freeware.



2. Apache mudah sekali proses instalasinya jika dibanding web server lainnya seperti NCSA, IIS, dan lain-lain.



3. Mampu beroperasi pada berbagai platform sistem operasi.



4. Mudah mengatur konfigurasinya. Apache mempunyai hanya empat file konfigurasi.



5. Mudah dalam menambahkan peripheral lainnya ke dalam platform web servernya.



Fasilitas atau ciri khas dari web server Apache adalah :



1. Dapat dijadikan pengganti bagi NCSA web server.



2. Perbaikan terhadap kerusakan dan error pada NCSA 1.3 dan 1.4.



3. Apache merespon web client sangat cepat jauh melebihi NCSA.



4. Mampu di kompilasi sesuai dengan spesifikasi HTTP yang sekarang.



5. Apache menyediakan feature untuk multihomed dan virtual server.



6. Kita dapat menetapkan respon error yang akan dikirim web server dengan menggunakan file atau skrip.



7. Server apache dapat otomatis berkomunikasi dengan client browsernya untuk menampilkan tampilan terbaik pada client browsernya. Web server Apache secara otomatis menjalankan file index.html, halaman utamanya, untuk ditampilkan secara otomatis pada clientnya.



8. Web server Apache mempunyai level-level pengamanan.



9. Apache mempunyai komponen dasar terbanyak di antara web server lain.



10. Ditinjau dari segi sejarah perkembangan dan prospeknya, Apache web server mempunyai prospek yang cerah. Apache berasal dari web server NCSA yang kemudian dikembangkan karena NCSA masih mempunyai kekurangan di bidang kompatibilitasnya dengan sistim operasi lain. Sampai saat ini, web server Apache terus dikembangkan oleh tim dari apache.org.



11. Performasi dan konsumsi sumber daya dari web server Apache tidak terlalu banyak, hanya sekitar 20 MB untuk file-file dasarnya dan setiap daemonnya hanya memerlukan sekitar 950 KB memory per child.



12. Mendukung transaksi yang aman (secure transaction) menggunakan SSL (secure socket layer).



13. Mempunyai dukungan teknis melalui web.



14. Mempunyai kompatibilitas platform yang tinggi.



15. Mendukung third party berupa modul-modul tambahan.

0 komentar: